IP

Selasa, 05 Februari 2013

Repair Carbon Film Air Flow


Terkadang kita menghadapi masalah dengan air flow di astina,yang kita tahu selama ini pokok-nya air flownya bermasalah tanpa tahu mbenerinya bagaimana,kalaupun mau ganti biayanya cukup tinggi.
Untuk itu mas Roni Ch Wijaya menurunkan salah satu triknya di postingan hari ini :
Gejalanya biasanya saat gas di injak kenikan rpm mesin bisa naik bisa turun atau malah naik turun alias goyang dombretta ,tidak sesuai dengan pijakan kaki di gas ....dan kemungkinan besar itu adalah CARBON FILM-nya yang bermasalah mengingat dari sisi usia yang tidak muda lagi 
Berikut postingan mas Roni Ch Wijaya di Grup FB MAI :
seperti yg kita tau..astina menggunakan air flow yg rentan sekali rusak karena pengaruh umur pemakaian...& yg rusak sebetulnya adalah CARBON FILM nya 
yg pada terkikis...gejala yang terasa adalah pada saat gas di injak, mobil seperti ngajak disko, alias tidak halus kenaikan RPM nya berbanding dengan pijakan pedal gas.
Tiba2 di RPM tertentu bisa ngedrop, atau malah rpm naik turun...
sebetulnya klo cuma tergores dijalurnya masih bisa diakali dengan memindah jalur jarum ke jalur carbon film yg blm tergores...tapi klo sampai tergorenya memutus/memotong jalur carbon jelas sudah tdk bisa diakali dengan cara tsb...
nah cara mengatasinya adalah membuat lapisan carbon film baru...
lsg saja...
caranya siapkan bahan & alat2 nya...
bahan yg diperlukan adalah ,rokok satu bungkus beserta korek,CARBON cair,lem alteco atau semacamnya,serta minyak kayu putih...LIHAT GAMBAR 1
kenapa saya menggunakan lem???karena agar carbon baru bisa keras,cepat kering & mengkilap spt lapisan aslinya...karena klo tdk dicampur lem/resin carbon bakal susah kering bisa sehari semalam & hasilnya kurang keras serta tdk mengkilap...sebetulnya klo carbon yg digunakan berbentuk cairan kental spt autoseler tdk perlu menggunakan lem..tapi carbon spt itu sangat susah dicari...& saya menggunakan carbon cair yg msh gampang nyarinya biar rekan2 tdk repot...karena carbon cair masih banyak dijual di toko elektrik (ingat toko elektrik bukan elektronik)
ok...selanjutnya bersihkan jalur carbon film di air flow menggunakan minyak kayu putih..LIHAT GAMBAR 2 & 3...klo ada alkohol 70% keatas..kenapa?...karena kita akan membuat lapisan carbon dijalur tsb...atau carbon baru ditumpuk dijalur carbon yg lama...jadi jalur yg lama harus bersih karena kebersihan adalah sebagian dari iman...& agar lapisan carbon yg baru dpt menempel dengan sempurna...
setelah itu campurkan carbon cair & alteco...LIHAT GAMBAR 4...klo yg punya resin alteco bisa ganti pake resin...hasil lebih bagus..perbandinganya ga usah banyak2 lem nya kira2 10:1 lah kira2 saja..lem hanya bth setengah tetes mungkin..setelah itu solasi bagian yg lain atau yg bukan jalur karbon agar tdk "mleber" & biar hasilnya spt jalur aslinya lagi...setelah itu oleskan carian carbon & lem yg sudah di aduk tadi ke jalur carbon film yg lama...agar lebih mudah saya melepas pcb dr air flow...tapi klo yg ga mau ribet bisa lsg saja cukup melepas jarumnya saja..
setelah dioleskan dengan merata jemur dibawah sinar matahari...sembari menunggu kering bakar & hisap dulu rokoknya...LIHAT GAMBAR 6..
setelah kering rakit kembali & pasang lagi dimobil...
sekarang sudah ga bakal pusing lagi bagi rekan2 yg air flow nya rusak karena bisa merepair air flow nya sendiri tanpa harus ganti baru yg harganya masih jutaan rupiah...
 
Demikian postingan tips hari ini semoga bisa menambah pengetahuan kita terhadap astina masing masing dan semakin tahu akan fungsi dan pemecahan masalah kalau pas ketemu masalah ......

Salam Astiner


Keep Brotherhoods


Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons